MISTERI TABUT NABI MUSA

baqarah

Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja ialah kembalinya Tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan daripada Tuhanmu dan sisa daripada peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun. Tabut itu dibawa oleh malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu jika kamu orang yang beriman.”

(al-Baqarah: 248)

TABUT sebagaimana yang diceritakan dalam al-Quran adalah satu anugerah Allah kepada Bani Israel. Di dalamnya terdapat sebuah kitab suci. Ia berukuran tiga hasta panjang dan dua hasta lebar. Ia mempunyai berbagai-bagai keistimewaan. Tabut tersebut boleh memberikan ketenangan dan semangat kepada sesiapa sahaja yang melihatnya. Ia mampu mengalahkan pihak lawan dalam peperangan. Sekiranya Tabut itu dibawa ketika berperang, sudah pasti pihak musuh akan berasa gentar dan tewas.

Malangnya, Bani Israel tidak tahu mensyukuri anugerah yang diberikan itu. Mereka mengingkari segala perintah Allah s.w.t.. Mereka banyak memalsukan kitab suci mereka. Mereka juga ingkar dengan ajaran Nabi Samuel. Pada zaman tersebut, Nabi Samuel diutuskan oleh Allah untuk menyeru mereka ke jalan kebenaran. Semasa kecil Nabi Samuel telah dididik dan dibesarkan oleh orang yang alim. Baginda kemudiannya diajar dengan ajaran Nabi Musa dan juga kitab sucinya iaitu Taurat. Setelah dewasa dan menjadi utusan Allah, Nabi Samuel mula berdakwah kepada Bani Israel supaya menyembah Allah tetapi mereka ingkar. Malah, mereka tidak percaya akan kenabian Nabi Samuel. Mereka menuduhnya sebagai pendusta. Bani Israel telah mencabarnya agar menunjukkan bukti kenabiannya. Lalu Allah menarik balik keistimewaan yang diberikan kepada Bani Israel itu. Dia menukarkannya dengan memberi kekuatan dan keberanian kepada orang-orang Palestin. Ketika Palestin berperang dengan Bani Israel, mereka berjaya mengalahkan Bani Israel dengan mudahnya. Bani Israel telah diusir dari Jerusalem. Tabut yang menjadi azimat mereka selama ini telah dirampas.

Replika Tabut Nabi Musa Alaihisalam

Gambar di atas merupakan gambaran replika benda yang paling ditakuti pada masa Perjanjian Lama. Setidaknya begitulah gambarannya. keberadaanya dulu begitu kuat dan sangat berpengaruh terhadap bangsa Israel semenjak peristiwa exodus keluar dari Tanah Mesir. Namun, benda itu kini telah hilang ditelan masa, lenyap dari sejarah, dan tak ada yang tahu dimana letaknya sekarang. Postinganku kali ini akan mencoba mengisahkan sejarah dari benda tersebut. Dimulai dari Yerusalem, Kota yang mungkin terlalu suci bagi banyak orang. Di tengahnya terletak sebuah bukit bernama Gunung Moria, yang kini menjadi situs Dome of the Rock / Qubbah As-Sakhrah yang luar biasa. Selain Dome of the Rock, dikompleks tersebut (Al-Haram ash-Sharif) terdapat Masjidil Aqsha. Dari sini, Muhammad s.a.w dinaikan ke langit (Sidratul Muntaha) dalam peristiwa Mi’raj. Jauh Sebelum itu nabi Isa a.s menyembuhkan orang buta dan sakit di sini, sehingga kaum Kristiani juga menyebutnya tanah suci. 1000 tahun sebelumnya, nabi Sulaiman a.s membangun bait aslinya di gunung ini untuk menyimpan benda misterius yang disebut the Ark of the Covenant / Tabut perjanjian.

Di masa itu, tempat ini adalah pusat dari agama Yahudi. Bagaimana tabut itu sampai disini dan bagaimana bisa lenyap dari sini? itulah teka-teki yang mengundang obsesi. Apa yang terjadi pada benda terpenting di perjanjian lama ini sehingga bisa lenyap begitu saja? Kisah Tabut itu berawal lebih dari 3000 tahun yang lalu. Seseorang memimpin 2 juta orang ke Gurun Sinai. Orang itu adalah Moses/Musa a.s yang memimpin kaumnya keluar dari perbudakan di Mesir. Tiga bulan mengembara setelah mukjizat terbelahnya laut merah, Ia membawa orang Israel ke Gunung Sinai. Tuhan akan melimpahkan hadiah yang belum pernah ada bagi umat manusia. Dari ratusan hukum yang ada di dalam Perjanjian Lama semuanya seolah diturunkan dari suatu tempat. Tapi tidak dengan 10 hukum besar yang dibawa Musa turun dari Gunung Sinai ini. Ada sepuluh perintah Allah yang diturunkan kepada Musa di Gunung Sinai, dan perintah-perintah itu tertulis pada dua loh batu. Musa juga membuat tempat/wadah yang digunakan untuk menyimpan sepuluh perintah Allah yang disampaikan kepadanya di Gunung Sinai ,yaitu apa yang kita sebut sebagai Tabut Perjanjian. Tabut itu dibuat sangat spesifik, berwujud peti kayu dengan panjang 1,2 meter, lebar 61 cm, dan tinggi 61 cm. Terbuat dari kayu keras yang disebut akasia, bagian luar dan dalamnya disepuh dengan emas murni. Di sudut-sudut tabut harus ada 4 cincin emas, dimana kayu pengusung yang juga disepuh dengan emas dapat dimasukkan untuk membawa Tabut tersebut. Tutupnya yang juga disebut sebagai “tumpuan kaki tuhan” harus juga terbuat dari emas murni, dimana Patung Mailakat bersayap emas (kerubim) juga diletakkan di ujung-ujung atasnya dan saling berhadapan.

Ilustrasi mengenai turunnya 10 Perintah Allah di Gunung Sinai yang disampaikan kepada Musa

Tabut itu berfungsi sebagai sambungan langsung bagi Musa pada Tuhan. Akan muncul awan cerah diatas tutup emas di antara kerubim itu saat Tuhan ingin menyampaikan sesuatu pada hamba-Nya. Tuhan memerintahkan hanya pendeta dari suku Lewi yang bisa membawanya. Berat tabut itu mungkin beberapa ratus pon, tapi menurut legenda ia bisa terangkat sendiri walaupun tidak ada seorangpun yang mengangkatnya. Tidak ada seorangpun, bahkan pendeta Lewi yang boleh menatapnya. Jadi, mereka selalu menutupinya dengan kain biru dan kulit binatang. Sejak awal, tabut itu sudah menampakkan sisi berbahaya. Beberapa hari kemudian, dua keponakan Musa mencoba memberikan persembahan kepada Tabut itu dan keduanya langsung mati terbakar. Menurut legenda, kerubim itu memercik tanpa henti, menghanguskan orang dan benda yang menyentuhnya.

Tabut itu mendampingi Kaum Israel 40 tahun lama-nya selama mereka mengembara dan berperang. Bersama tabut itu, orang Israel mampu menaklukkan tanah yang dijanjikan. Benda ini mengandung kekuatan dan kepentingan yang tak terbayangkan. Menurut cerita dalam Alkitab Yahudi, tabut itu dibawa di depan pasukan dalam setiap pertempuran, tiap pertempuran selama penaklukkan orang Israel akan tanah Kanaan. Ia terus menerus dibawa dalam perang agar musuh dapat terkalahkan dan Tabut itu akan selalu berada di garis depan. Ada catatan luar biasa bahwa tabut itu terangkat dari tanah dan terbang menuju kearah musuh sambil mengeluarkan suara-suara erangan. Satu orang malang bernama Uza, hanya berniat menstabilkan Tabut tersebut saat tampak goyah sewaktu diangkat oleh para pendeta Lewi, dan ia langsung mati terbakar. sesudahnya, Musa memerintahkan agar dibuatkan kemah/tenda untuk meletakkan Tabut itu. Bukan untuk melindunginya dari orang, tapi justru sebaliknya.

Kemenangan militer pertama dan paling terkenal dari tabut itu yaitu runtuhnya tembok kota Yerikho/Jericho. Pendeta Lewi yang bertugas membawa Tabut, mengangkutnya mengitari kota bertembok itu sekali sehari selama 6 hari. Di hari ke-7, mereka berkeliling 7 kali dan menyuruh meniup sengkala. Seketika itu juga tembok kota itu pun runtuh. Route of the Exodus 300 tahun kemudian, Tabut itu meninggalkan orang Israel dan dampaknya sangat buruk bagi mereka. Saat pendeta tinggi mengabaikan kewajiban kurban mereka , Tabut itu tak melindungi mereka dalam perang melawan orang Filistin. 30 ribu orang tewas dan orang Filistin mengambil tabut itu. Namun, tujuh bulan kemudian orang Filistin mengembalikannya. Wabah borok dan tikus merebak akibat Tabut itu. Akhirnya, di bawah King David ( Daud a.s ), orang Israel bisa mengalahkan orang Filistin, lalu memenangkan pertahanan terakhir dari pihak lawan. Kemudian, Kota Yerusalem yang dijadikan ibukota. Tuhan menyuruh Daud mendirikan Bait Suci untuk menempatkan tabut tersebut, tapi puteranya Salomo/Sulaiman a.s yang mebangunnya. Karena kasus itu, Gunung Moria menjadi “titik tertinggi” di dalam kota tersebut. Visi Salomo untuk Bait itu tak seperti yang pernah dilihat orang.

Gereja Zion of Mary di Axum Utopia adalah dipercayaai tempat dimana Tabut tersebut disembunyikan

Hanya kayu cedar dan batu terbaik yang dipakai untuk membuatnya, dan titik tertingginya menjulang hingga 20 lantai. Salomo berhutang besar untuk membangunnya, karenanya ia harus memberikan 20 desa terdepan untuk kerajaan tetangga. Setelah memeriksa masih berisi dua buah batu sepuluh perintah Allah yang tersimpan didalam Tabut, Salomo lalu menempatkannya di tengah-tengah Bait Suci Mahakudus. Hanya pendeta tinggi saja yang bisa mendekati dan memasuki ruang penyimpanan tersebut, itupun mereka harus masuk dengan menggunakan pakaian khusus sambil membakar dupa. Lalu, bagaimana benda penting yang berisi kehadiran Allah bisa lenyap begitu saja? Sekarang, di manakah tabut itu berada? itulah teka-teki terbesarnya . Banyak orang masih mencari tabut tersebut hingga saat ini, dan itu dimulai dari Bait Suci yang dibangun Salomo sebagai tempat untuk menyimpan Tabut. Tapi kini, tak ada satupun artifak atau batu yang menunjukkan mana tepatnya tabut itu berdiri di Bukit Bait Suci Yerusalem. Tembok ratapan yang terkenal, mungkin sekarang merupakan situs suci Yahudi yang berharga. Tembok ini adalah merupakan sisa-sisa Bait Suci kedua yang dibangun berabad-abad setelah tabut itu lenyap. Sebagian penyembah di sini menunggu saatnya penghuni Bukit Bait Suci Dome of the Rock milik Islam hancur. Dan Bait Suci Yahudi ke-3 akan didirikan di tempat tersebut. Inilah salah satu faktor yang menimbulkan perselisihan hebat tanpa henti antara Israel dan Palestina hingga sekarang. Menurut Perjanijian Lama, Tabut itu ditempatkan disana sekitar 955 SM. Tapi, sekitar tahun 620 SM rujukan tentang artifak terpenting dalam agama Yahudi ini berhenti. Lenyap begitu saja dari sejarah. Hanya satu hal saja yang jelas, krisis sebesar bencara internal maupun eksternal yang bisa mengeluarkan Tabut itu dari Bait Suci. Krisis pertama yang sesuai dengan hal ini adalah serangan Fir’aun Mesir bernama Shishak, beberapa puluh tahun setelah Bait itu dibangun. Sekenario Shishak inilah yang mengilhami petualangan Indiana Jones di Mesir dalam film Indiana Jones : Raiders of the Lost Ark.

Ada sesetengah pihak mengatakan bahawa tabut tersebut pernah diangkut ke Yerusalem , ternyata tabut suci tersebut ada di Axum – kota bagian utara dari Etiopiatabut tersebut sudah disimpan disana sejak sekitar 3.000 th yang lampau, sejak kerajaan Salomo (Nabi Allah Sulaiman). Disimpan di dalam satu tempat rahasia, di dalam gua dibawah tanah dari gereja “Zion of Mary”. Gua tersebut dijaga dengan ketat oleh para imam dari keturunan raja Israel.

Tabut tersebut di simpan di dalam ruangan yang di kelilingi oleh tujuh tembok. Hanya ruangan dari tembok pertama sampai dengan ke empat bisa digunakan untuk berdoa oleh para imam disana. Dan untuk ruangan ke lima maupun ke enam hanya boleh dimasuki oleh para tetua imam saja. Sedangkan yg boleh masuk keruangan paling dalam atau ruangan ketujuh dimana tabut tersebut disimpan, hanya seorang imam pilihan saja, yakni yang menjadi penjaga dari tabut suci tersebut.

Imam penjaga tabut, tidak diperkenankan keluar dari gua tersebut, bahkan ia hanya diperbolehkan keluar sampai dengan keruangan ke enam saja, untuk mengambil makanan/minuman yg dibawakan oleh imam tetua lainnya. Ia harus tinggal diruangan tersebut selama hidupnya, bahkan ia harus puasa dan berdoa selama 225 hari dalam setahun. Apabila ia mati maka ia akan digantikan oleh imam pilihan lainnya. Kebanyakan penjaga di situ dipercayai akan mengalami buta dan menemuai ajal dalam keadaan tubuh mereka terbakar atau keracunan kesan dari radiasi dari tabut tersebut yang dikatakan mengandungi kesan radioaktif yang luar biasa sehinggakan sesiapa sahaja yang menyentuhnya juga akan menemui ajal.

Waallahualam,

Ulasan lanjut oleh Ustaz Sigit Pranowo al-Hafidz dalam tabut Nabi Musa Bhg II


Khairul 30 Okt 2008 '01pm

§ 37 Responses to MISTERI TABUT NABI MUSA

  • ABHussin berkata:

    Kita nggak usah kira dan nggak usah heran akan itu Tabut Israel kah, ato Tabut Nasrani kah, semuanya itu keajaiban2 jaman silam itu Allah ijinkan sebagai bukti kebenaran, pada jaman itu sahaja. Tetapi apabila diutuskan-Nya Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi Akhir Jaman semua agama samawi yg mereka anuti dan alat2 kekuatan ato upacara keugamaan Yahudi dan Nasrani yg silam telah Allah Azzawajalla batalkan sama sekali….

    Kalo ada pun lagi alat2 mereka itu pun telah banyak diselewengkan dibuat pemujaan Syaitan dan Jin2 bagi mendatangkan keajaiban luar biasa, hinggakan ada yg sanggup dikorbankan nyawa2 manusia disemah dgn darah untuk mendatangkan kuasa2 luar biasa. Tujuannya mereka mahu menjajah dunia dan membantai Islam. Sedangkan itu semua adalah palsu, syirik dan terkutuk disisi Allah….

    Jaman Age Of Aries bagi kebangkitan Kaum Yahudi udah lama berlalu. Jaman Age Of Pisces jaman itu pula jaman kegemilangan Kristian, dan sekarang udah menuju penghujongnya dan akan berkubur. Institusi Gereja dan King Solomon Temple itu tidak lain hanyalah pemujaan Syaitan2 The Demons yg dikenali sebagai Illunimati tujuan konspirasi mereka untuk menakluki dunia dan menghancurkan Islam…..

    Sekarang ini kita sedang diambang Age Of Aquarius Jaman Kebangkitan semula Islam dibawah payung IMAM MAHDI. Islam yg dibawakan oleh junjungan kita Nabi Muhammad SAW nggak suruh kita kufur amalan dan iktikad, akan tetapi ummat Muhhamad SAW udah rapuh imannya, udah ramai yg terasuk dgn Fitnah Akhir Jaman. Maka Penyelamat kita orang Islam yg dinanti2 kan itu lagi hebat SUPER POWER nya, senjata LIGHT WEAPON nya nggak ada tandingannya itu, itulah IMAM MAHDI yg akan membetulkan semula iman Islam yg udah jauh terpesong, serta beliau akan mengembalikan order alam semesta ini yg udah kucar-kacir, hingga kedamaian dan keadilan dikecapi…. Insya’Allah….

    Wallahu’alam….

  • Alfin hafid berkata:

    Hanya allah yg mh tau

  • Audrey dev calvin berkata:

    Assalamualaikum.. Saya mau tanya,
    1. Apakah stelah kemunculan imam mahdi itu brarti kiamat sudah dekat?
    2. Saya pernah baca tapi lupa dimana kalau ga salah itu artikelnya ustadz.. Disitu mengatakan bahwa kemunculan imam mahdi itu tidak disebutkan di AL-QUR’AN. Lalu sbenarnya berdasar ap islam meyakini kemunculan imam mahdi tersebut? Terimakasih.
    Wasalam..

  • eyf berkata:

    “Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja ialah kembalinya Tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan daripada Tuhanmu dan sisa daripada peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun. Tabut itu dibawa oleh malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu jika kamu orang yang beriman.”

    (al-Baqarah: 248)

    “didalamnya terdapat ketenangan daripada tuhanmu…”

    tak mungkin Imam yg menjaga tabut itu boleh menjadi buta dan keracunan. Sedangkan sudah tertulis dalam Al-Quran bahawa di dalam tabut itu terdapat ketenangan.

    Wallahu’alam….

  • rahman berkata:

    mau nanya isi dari tabut itu apa? apakah adanya ajaran kesuksesan? atau persembahan??

  • diah sari berkata:

    serammmmmmmmmmmmmmmmmmm

  • Dalam Surat Al-BaQarah ( 248 ) kiranya cukup jelas bahwa Tabut itu telah dibawa oleh malaikat…jadi bukan misteri lg keberadaannya

  • NEO berkata:

    “Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja ialah kembalinya Tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan daripada Tuhanmu dan sisa daripada peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun. Tabut itu dibawa oleh malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu jika kamu orang yang beriman.”

    Dalam firman Allah SWT pada ayat yang tersebut adalah sebagai bukti keberkahan Thalut bagi bani Israil, di mana ayat yang menjelaskan bahawa “Tabut itu dibawa oleh malaikat” adalah memberi maksud tabut tersebut di bawa oleh malaikat atas perintah Allah SWT turun ke dunia, tetapi bukan lah memberi erti sebaliknya iaitu perintah membawa balik tabut tersebut kembali kehadrat Allah, oleh itu ianya masih ada dan wujud sejak zaman kerajaan Sulaiman AS sehingga lah kewafatan nabi Musa AS, insyallah saya dah rujuk dan bertanya tentang ayat ini dan bersetuju dengan pandangan yg diberi. Sekiaranya saya salah harap dimaafkan dan terima kasih atas pandangan saudara.

  • [...] Imam penjaga tabut, tidak diperkenankan keluar dari gua tersebut, bahkan ia hanya diperbolehkan keluar sampai dengan keruangan ke enam saja, untuk mengambil makanan/minuman yg dibawakan oleh imam tetua lainnya. Ia harus tinggal diruangan tersebut selama hidupnya, bahkan ia harus puasa dan berdoa selama 225 hari dalam setahun. Apabila ia mati maka ia akan digantikan oleh imam pilihan lainnya. Kebanyakan penjaga di situ dipercayai akan mengalami buta dan menemui ajal dalam keadaan tubuh mereka terbakar atau keracunan radioaktif dari tabut tersebut yang dikatakan menyimpan reaktor nuklir sehingga siapa saja yang menyentuhnya secara sembarangan juga akan menemui ajal.http://johneox.wordpress.com/rahsia-tabut-nabi-musa/ [...]

  • Sungguh menakjubkan

  • raiyan alexander reggie berkata:

    Kita umat islam seharusnya tidak perlu risaukan tabut itu lagi kerna Allah telah menggantikannya dgn sesuatu yg lebih berharga,lebih superb,lebih mistrieus dan tiada tlok bandigannya iatu Al Quran,kalam Allah yg penuh hikmah…

  • yunus berkata:

    kenapasi ada benda yang membawah maalapetaka oleh dibawah malaikat. Sy tidak mngerti kenapa tuhan menciptakan benda u/saling menhancurkan sesama manusia, malahan benda itu sangat ngerih..

  • NEO berkata:

    Apa sahaja yang Allah kurniakan kepada manusia di dunia ini pada asalnya adalah untuk kebaikan. Tetapi terserah pada manusia itu sendiri untuk menafaatkanya untuk kebaikan atau sebaliknya. Contoh yang paling mudah Allah anugerahkan Akal kepada manusia, suatu anugerah agung yang tidak ada pada makhluk yg lain. Manusia boleh mengunakan Akal untuk berbuat kebaikan tetapi Akal juga mampu membawa kesesatan, kejahatan, kezaliman dan kebinasaan sekiranya ianya tidak selari dengan kehendak Al Quran dan As Sunnah. Kesimpulannya tabut pemberian dari Allah SWT itu adalah satu anugerah dan satu ujian untuk bangsa manusia sama menjadi syukur atau kufur kepadanya. Allahu alam..

  • NEO berkata:

    Artikel “Rahsia Tabut Nabi Musa” hanyalah satu sejarah atau sirah dan bukanlah ia ditulis untuk menakut-nakutkan sesiapa. Dan perihal tabut itu sendiri ada diperjelaskan di dalam Al Quran. Kenapa Allah perlu berfirman tantang pekara tersebut, tentulah ada sebab-sebabnya.. Kenapa Allah menceritakan tentang Kezaliman Firaun, Ketamakan Qarun dan banyak lagi diperjelaskan di dlm Al Quran, kerana Allah mahu hambanya berfikir dan belajar dari sejarah supaya kita tidak mengulangi kesilapan yang telah terjadi pada masa lampau. Allahu alam..

  • satu berkata:

    Ass. buku atau keterangan lebih lengkap ttg Tabut apa ada ? Kalau ada bisa didapatkan dimana ? Kalau boleh tahu no telp ust sigit pranowo nya bisa dberi tahu atau emailkan ke saya ?

  • nursalim berkata:

    jadikan itu sebagai pelajaran dan lebih baik kita renungkan ayat lain dalam alqur’an. seperti cotoh surat 9 ayat 99.

  • pemerhati alkitab berkata:

    ada dikitab milik kristen perjanjian lama.

  • aziz berkata:

    tetap kitab suci yg plng sempurna adlh Al-qur’an nul karim n ia penyempurna dr semua kitab2 sebelumx, didalamx terdapat smw ajaran yg ada dlm kitab2 sebelumx n yg blm ada dlm kitab2 sebelumx.

  • asrafil berkata:

    ..
    ini Yaa tErnyata tujuan..
    NAZI mencari2 tabut ini …

  • david berkata:

    hehehee _soal tabut di gereja zion of mery itu bohong dan batil _lha buat apa nungguin tabut isi ayat alloh kalo gk di baca dan di laksanakan 10 hukum td ,sampai banyak korban pendeta yg nunggu. lha truz buat apa nungguin tabut tnp disentuh dan di pelajari _aahh gk masuk akal . . .al qur’an aja wajib di kaji dan di taati ,lha tabut ini koq malah di tungguin doank bertahun tahun . . .lha buat apa . . .keburu kiamat

    _telat

  • adma alfatah berkata:

    kami sangat ingin mengkaji nilai sejarah islam untuk menambah wawasan dan keyakinan didalam mendalami ayat2 alquran dan alhadis karna selama ini kami hanya mengkaji makna dan keterangan jarang sekali menjelaskan sejarah asbabul nuzul demikian sedikit urain kami semoga alloh memberikan manfaat dan barokah amiin.

  • sepakat dengan komentar David. Buat apa tabut itu ditunggu-tunggu bahkan tidak boleh disentuh seolah-olah itu benda keramat. Anggapan yang salah dari kaum yahudi mengenai tabut tersebut akan menipu dan menghancurkan diri mereka sendiri. semua kitab Allah (Taurat, Zabur, Injil, dan yang terakhir, Al Qur’an) adalah hikmah dan pembelajaran yang lurus bagi umat manusia, namun kitab-kitan itu akan melenceng dan menjadi sesat jika manusia mencoba-coba untuk mengubahnya.

  • Saya ingin bertanya, apakah ada keterkaitan antara tabut perjanjian dan talmud?

  • egi al habsyyi berkata:

    Kajilah al quran
    Disana akan kalian temui jwb semuanya
    Allah birohman nurrhohim

  • tri berkata:

    coba baca qur an surat saba’,,

  • revata berkata:

    Tabut itu berisi kedua Loh Batu yg ditulis sendiri dengan JARI JARI TUHAN ,, jadi memang benar dan asli 100% karangan TUHAN ,,krn itu benda yg satu ini benar2 mengandung kekuatan yg Maha Dahsyat ,,

  • andry berkata:

    Inilah bukti kebobrokan orang2 yahudi, mrk memang unggul dlm kehidupan dunia akan tetapi lemah akan keyakinan thp Allah yg sesungguhnya.Mereka menganggap bhw tabut itu sangat keramat dan sakti,dpt menolong kejayaan mrk serta dpt memenangkan setiap peperangan.Allah telah tunjukkan kepada yahudi bhw tabut itu bukanlah apa2 ketika mrk diserang nebukadnezar dari babilon,jerusalem porak poranda bahkan sejak itu tdk diketahui kemana tabut tsb.Artinya ini hikmah yg bisa kita petik, tiada kuasa apapun di dunia selain Dia Allah Swt sang penguasa alam jagat raya.Pastilah ada maksud dan tujuan Allah dgn diturunkannya tabut tsb kepada Musa,tetapi bukan utk dikeramatkan apalagi dipuja seperti mereka tanpa sadar yg berlaku musyrik kepada Allah.

  • LANJAR berkata:

    semua agama itu sama saja agama adalah pedoman atau tanggapan atas keselamatan allah tinggal caranya kita menanggapi dg iman
    mungkin tabut perjajanjian akan terbuka pada kiamat nanti tabut itu hanyalah sakasi buta bagaimana allah memberikan wahyunya kepada musa HANYA UNTUK KITA”MANUSIA”

  • saya bertanya berkata:

    “Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja ialah
    kembalinya Tabut kepadamu, di dalamnya
    terdapat ketenangan daripada Tuhanmu

    Siapa yang dimaksud ia yang akan menjadi raja? Yang jelas dong…

  • sabirun berkata:

    Tabut itu bukan peninggalan israel.. Tabut itu peti yang telah diturunkan kepada Nabi Adam AS berisi rahasia rahasia penting dari Allah SWT. Lalu diserahkan secara turun temurun dari nabi Adam sampai nabi Musa AS. Tabut itu bukan peti sembarangan hanya yang diizinkan Oleh Allah yang bisa mendekat apalagi menyentuh. Banyak kisah dalam sejarah tubuh seseorang akan terbakar jika mendekatinya. di situ juga ada peninggalan para nabi seperti jenggot nabi adam, tongkat nabi musa DLL. Kok orang kristen begitu girang.. mestinya yahudi yang senang.. hahahaha.. sebenarnya Israel, Nashrani dan Islam adalah sama sama agama samawi, seiring berjalannya waktu para nabi pembimbing silih berganti membawa misi penting yaitu mengesakan Tuhan, lihatlah yahudi mereka mempunyai begitu banyak nabi israel aja nabi mereka dari Musa AS. hingga Isa AS. untuk apa Allah mengutus nabi..? Ya jelas untuk membimbing domba yang mulai melenceng dari keesaan tuhan seperti yahudi yang menyebut Uzair sebagai anak Allah sebab bisa hidup lagi setelah mati 100 tahun. Bahkan nabi israel terakhir (nabinya orang yahudi) Yaitu nabi Isa AS. beliau ditugaskan untuk membimbing domba israel yang sesat untuk kembali mengesakan Allah SWT. tapi seperti nabi zakaria dan nabi yahya. beliau juga didaftar mati oleh yahudi (israel) dan mereka memanggil tentara romawi untuk membunuh Isa (YESUS) Yesus tidak membawa syari’at baru hanya meneruskan syari’at Nabi Musa yang telah disesatkan oleh yahudi (israel) bahkan israel menolak kenabian yesus dan menyebut penyalibannya sebagai kutukan. Lalu ajaran yesusu ini diimani oleh golongan Nashrani ajaranya ya tetap mengesakan Allah dan Yesus adalah nabinya seperti nabi nabi yang lain (saya tidak menyebut kristen sebab kristen agama yang menganut tuntunan paulus bukan yesus sebab tuntunan mereka berdua saling bertolak belakang) jadi ketemunya tabut menurut hemat saya perlu dikoreksi lagi.. tabut itu tidak seperti BLACK BOX yang bisa dipegang sembarang orang apalagi semua orang. sebab kebodohan manusia paling tinggi itu terjadi saat manusia tidak bisa membedakan mana manusia mana tuhan.. mana malaikat mana setan.. apalagi mana wahyu mana kesurupan. EH TAPI APA TABUT ITU MALAH BUKAN SEPERTI JIMAT.. WAHABI ANTI JIMAT TUS.. MUSYRIK.. OOOE YANG WAHABI.. JAWAB DONG..HAHAHAHAHA..Trim’s

  • memang sekarang semua bisa direkayasa dengan kebodohan manusia

  • TEPES berkata:

    ◄°˚˚˚°:)♍αϞŦჃƒ :)°˚˚˚°►

  • siro berkata:

    ‘manna wa salwah’ ada dlm surah al Baqoroh.

  • jack berkata:

    Tabut Allah/Tabut Perjanjian isinya adalah 10 perintah Allah yang harus ditaati oleh bangsa Israel,segala sesuatu di alam semesta di ciptakan Allah dengan hanya berfirman saja..tetapi hanya manusia dan tabut itu yang dibentuk oleh Tangan Allah yg Maha Kudus..dengan kata lain Allah yg Maha Kudus menaruh tanda tanganNya di atas tabut tersebut…dan Roh Allah ada diatas sayap2 kerub,berupa cahaya yg sangat menyilaukan mata..hanya orang di pilih Allah yang bisa memandang tabut tersebut.waktu bangsa Israel mengembara di padang gurun..Roh Allah akan naik dari sayap2 kerub untuk melindungi bangsa Israel..pada siang hari dalam betuk tiang awan agar bangsa itu tdk kepanasan di gurun,,pada malam dalam bentuk tiang api agar tidak kedinginan dan tidak kegelapan..Roh Allah berjalan didepan bangsa itu…bangsa apapun yg berani berdiri menghadang akan di telan habis oleh murka Allah.saat bangsa Israel hendak beristirahat dan berkemah,,maka Roh Allah akan turun keatas sayap2 kerub itu..jadi tabut itu adalah tanda Tangan Allah,,,,Matarei Allah…..tidak boleh dilihat apa lagi di pegang oleh sebarang orang,,,hanya yg dipilih Allah saja yg boleh melihat dan menjamah tabut tersebut.GBU

  • ronny berkata:

    smua kitab suci yg ddtrunkan Tuhan pd umat manusia di bumi intiya sama yaitu tentang,KASIH,smua org pun jg sama kan tujuanya beribadah yaitu.. surga,, cm caray yg berbeda jd inity di dua loh batu dlm tabut perjanajian.itu saling mengasihi.

  • RAHMA berkata:

    Tabut adalah sebuah peti berisi dua loh batu bertuliskan 10 perintah Allah satu buli2 emas berisi manna dan tongkat Nabi Harun yg telah bertunas kesemuanya merupakan peninggalan keluarga Nabi Musa dan Nabi Harun. Tabut tersebut mengandung ketenangan; atau shekinah mawadah warohmah akan menyertai bagi siapa saja yg bisa menguasainya. Barokah/ ‘berkat’ yg berupa keamanan kedamaian kemakmuran ketentraman akan ada di dalam hati orang2 yg mentaati 10 perintah Allah tersebut, namun sebaliknya apabila melanggarnya maka ‘kutuk’ atau berbagai macam tulah dan penyakit hati maupun jasmani akan menimpanya. Jadi kalau mentaati perintah2 Allah maka ‘berkat’ sorgalah yg diterimanya, tapi kalau melanggar perintah2 Allah maka ‘kutuk’ atau tulah nerakalah yg dijumpainya.
    Maka tidak semua orang bisa memegang Peti Tabut tsb, hanyalah keluarga Harun atau suku Lewi yg bisa menyentuhnya karena merekalah keturunan Imam Agung Nabi Harun yg telah disucikan Tuhan.
    Orang2 yg tidak bersih/suci hatinya pastilah akan terbakar dan mati kalau menyentuhnya.
    Nabi Sulaiman menyimpan Tabut tsb di Ruang Maha Suci Bait Allah Yerusalem, dan menjadi Ka’bah/Kiblat bagi Bani Israel. Hanya sekali dalam setahun pada Hari Raya Paskah Imam Agung memasuki Ruang Maha Suci tsb dengan memercikkan darah lembu di atas Tutup Pendamaian Tabut tsb dengan membawa dupa asap wangi bagi Tuhan Allah Abraham/Ibrahim Ismael Ishak Yakub/Israel Musa Harun Isa/Yesus Muhammad….dan Allah para nabi/rasul2 dan org2 suci tsb.
    Nabi Isa/Yesus juga ingin ikut merayakan Hari Raya Paskah di Yerusalem tsb namun karena ketidakpercayaan kaum Yahudi kpdNya maka disalibnya Ia sebagai domba sembelihan bagi Tuhan.
    Ketika Nabi Muhammad melakukan perjalanan Isra’Mi’raj dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsha di Yerusalem Palestinan/Israel tsb terlebih dahulu dibersihkan/disucikan hatinya dengan air zam2 dan diberi minuman air hikmah oleh Malaikat Jibril/Gabriel yg mengantarkan dan menyertainya naik ke sorga.
    Kiranya kebersihan hati atau kesucian Roh/Jiwa/Hati menjadi sangat penting agar Tabut kembali ke pangkuan Bani Israel atau anak cucu Nabi Ibrahim/Bapa Abraham dengan Ibu Sara yg ada di Palestina/Israel, karena ‘Tanah Perjanjian’ yg penuh susu dan madunya yg dijanjikan kpd Bani Israel adalah gambaran dari ‘Yerusalem Sorgawi’ yg dapat dimasuki oleh orang2 yg suci hatinya atau yg telah bersunat hati, dan tidak cukup dengan bersunat kulit khatan saja; sehingga sudah tidak ada benci dengki iri hati merasa paling benar sendiri tomak/serakah sombong munafik suap korupsi ……dll penyakit hati yg memang menjadi pakaian orang2 penduduk neraka sehingga langit tidak menurunkan hujan pada waktunya dan bumi kering tandus kepanasan dikarenakan penduduknya tidak bertakwa kepada Tuhan Allah semesta alam, Allah semua makhluk.
    Jadi kenakanlah pakaian2 penduduk sorga yakni pakaian lenan putih seperti susu perlambang kesucian hati dan jiwa, atau kain sutera perlambang kelemahlembutan atau pribadi2 yg sopan halus, bertuturkata yg manis seperti madu, berikat pinggang kebenaran, berjubah keadilan, berkasutkan kasih sayang, berkalung emas lambang kemuliaan….dst. Allahu Akbar. Puji Allah

  • RAHMA berkata:

    Kiranya telah tiba waktunya bagi ketiga komunitas umat Tuhan Allah Semesta alam ini yakni agama Yahudi Kristen Islam bersatu dalam usaha dan doa bersama disesuaikan dengan nur/cahaya/terang dari Kitab Suci masing2 untuk memberi cahaya sinar terang ke dunia utara timur selatan barat; dan tidak lagi kita semua malahan meredupkan dan memadamkan sinar cahaya terang yg diberikan Tuhan Allah kepada kita masing2 berupa Kiitab Suci Taurat Zabur Injil Alqur’an. Mari kita tegakkan Kitab2 Suci tsb untuk ditaati diamalkan dijunjung tinggi dihormati diagungkan,…dst untuk memberi sinar terang/cahaya/nur ke seluruh dunia/alam, agar mata kita semua tidak kabur/rabun sehingga penglihatan kita semua menjadi terang/jelas, pendengaran telinga kita tidak ada sumbatannya sehingga kita bisa mendengar dengan jelas firman2 Tuhan, maka hati kita semua bisa bersih/kudus/suci sehingga bisa memahami akan firman2 Ilahi Robbi. Mari kita semua bersunat hati agar tidak terhijab/tertutup nur/cahaya/terang Tuhan sehingga kita dapat melihat jalan yg lurus/terang/benar agar kita tidak tersandung terpeleset dan terjatuh karena gelapnya malam tanpa disinari cahaya bulan dan bintang2 yakni para nabi/rasul dan orang2 Suci-Nya. Karena kelihatannya begitu tebalnya/gelapnya awan mendung yg menguasai dan menyelimuti kita di siang hari dikarenakan kuatnya kuasa2 Roh Kegelapan di angkasa/langit ini. Oleh krn itu bersatulah dalam doa dan usaha, beramal kebajikan/saleh untuk menyinari langit dan bumi yg berkabung diselimuti dengan tebalnya awan mendung yg mengakibatkan angin puting beliung, gunung meletus, laut yg bergelora dan gempa bumi yg selalu melanda kita,…dll sehingga kita semunya kesusahan kepanasan kesakitan kehausan kelaparan,…dlll. Mari kita bertobat dan memperbaiki diri kita masing2 agar mempunyai hati yg bersih/kudus/suci sehingga jauh dari rasa dengki iri hati sombong merasa paling benar sendiri tomak serakah suka menghujat/menghina menyakiti sesama berselingkuh suap koprupsi, ….dll ini semua bagaikan awan gelap yg menyelimuti kita maka bumi berkabung dan langit menangis karena ulah kita semuanya yg jauh dari cinta kasih dan hambar akan kasih sayang. Astagfirullah, ya Tuhan ampunilah dosa2 kami semua yg saling menyakiti antara anak2 cucu2 Bapa Abraham/Nabi Ibrahim ini. Hujanilah kami semua dengan Roh yg Suci, Roh Hikmah dan Roh Pengertian Roh Cinta kasih …dll sehingga kami semua mengerti akan takut kepada-Mu sehingga langit mecurahkan/mengalirkan rahmat2Mu dan bumi mengeluarkan berkat2Mu maka keamanan kedamaian ketentraman kesejahteraan kemakmuran shekinah mawaddah warohmah ada pada kami sekalian. Amiiin

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

Ikut

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 602 other followers

%d bloggers like this: